Indonesia, Ya Gitu Deh (2)

Okey, menyambung tulisan yang pertama ini, mari kita sambung dengan melihat realita dan kondisi pendidikan di Indonesia. Sebagai ayah dengan 2 anak laki-laki yang masih balita, saya cukup gundah dengan masa depan pendidikan mereka. Bukan tentang seberapa mahal atau keren sekolah mereka, atau tentang pekerjaan apa yang akan mereka dapatkan. Saya merasa, tidak cukup banyak … Lanjutkan membaca Indonesia, Ya Gitu Deh (2)

Iklan

Indonesia, Ya Gitu Deh (1)

Beberapa hari yang lalu, saya mendapati sebuah postingan tentang pendidikan di Indonesia, yang ternyata sangat menarik. Judulnya lumayan serem : "Indonesian Kids Don't Know How Stupid They Are" Barangkali tidak perlu diterjemahkan ya, supaya tidak menimbulkan salah persepsi. Ada baiknya, sebelum nglempar gelas, bisa dibaca artikel aslinya di situs indonesiaets.com ini. Oh iya, pake Bahasa Inggris ya, ga usah Baper.

Untuk PNS yang Sekolah lagi

Memasuki bulan ketiga, memasuki kampus lagi, membuka diktat-diktat lagi, berkutat pada KRS lagi. Ya Kariim, sebuah kenikmatan lagi. Kelas karyawan, sebuah program yang menjadi alternatif bagi mereka yang ingin mengembangkan kapasitas diri, meniti karir lebih tinggi, dan tidak mau terhenti di satu titik. Juga jembatan bagi ambisi-ambisi diri, dan lebih sarkas lagi, jadi titian jadi … Lanjutkan membaca Untuk PNS yang Sekolah lagi

Anak mau jadi Atlet?

Beberapa waktu yang lalu, saya dan istri terlibat obrolan kecil. Kala itu, menonton sebuah segmen berita mengenai gelaran Sea Games 2017 Kuala Lumpur. Iya, sampai detik ini, pesta akbar olahraga se-Asia Tenggara ini masih berlangsung. Ribuan atlet terlibat, memberikan kemampuan terbaik bagi negara mereka masing-masing, memperebutkan medali dan kebanggaan. Si nyonya terheran-heran melihat tayangan perolehan … Lanjutkan membaca Anak mau jadi Atlet?

Kala Anak-Anak mau Bobok

Tak mudah menidurkan anak yang masih kecil. Proses yang panjang dan tenang sangat dibutuhkan. Satu saja butuh kesabaran. Lha ini dua anak đŸ˜€ Lebih dari 5 bulan, setelah resmi menyandang status ayah dari 2 orang anak laki-laki yang ganteng, kehebohan malam hari itu terus saja menyapa kami dengan manisnya. Iya, salah satu tantangan yang kini … Lanjutkan membaca Kala Anak-Anak mau Bobok

Diam atau Diam

Adakah kalian mengenal akun-akun sosial media, macam Jonru, Tri Macan, Partai Social Media, dan yang semisalnya? Di rentang waktu 2-3 tahun ke belakang, nama mereka lekat banget di sosial media, terlebih bagi penggemar teori konspirasi, peneriak politik, pemilik kepentingan, pecinta/pembenci seseorang tokoh, dan kalangan muda bersemangat lainnya. Fenomena mereka cukup besar, meski secara pribadi aku … Lanjutkan membaca Diam atau Diam

Gaduh Politik dan Hak Anak

Menarik menyaksikan kegaduhan politik akhir-akhir ini. Lakonnya, masih sama dengan tokoh di pilpres kemarin. Ngenesnya, kegaduhan di gedung DPR itu belum pernah ada dalam bayanganku. Ada yang kehilangan palu sidang, ada yang ngotot ingin menyampaikan interupsi, sampai (aku yakin) ada yang cuek dan acuh tak acuh. Mungkin juga banyak yang kaget setengah mampus, ternyata seperti … Lanjutkan membaca Gaduh Politik dan Hak Anak

Lalu Apa?

Pileg sudah usai. Lalu apa? Lepas dari tanggal 9 April, banyak hal yang tiba-tiba kian menghangat. Paling lucu adalah ulah para caleg gagal yang menggelikan. Tak perlu disebut lagi, terlalu tidak keren untuk bangsa sebesar ini. Lucu saja, niat untuk mengabdi pada bangsa kok berujung stress, sampai mana pun tidak ketemu logikanya. Ada beberapa pertanyaan … Lanjutkan membaca Lalu Apa?

Masa Depan yang Lalu

Sejenak lalu, rasa eneg melihat kampanye parpol, telah usai. Sampah visual, alergi kepura-puraan dan segala macam hal terbalik lainnya, perlahan hilang. Nggak ngerti juga sih, memilih mengasingkan diri di hingar bingar, itu bermanfaat atau tidak. Menjelang hari H pemilu, semua harus kembali seperti semula. Masa tenang. Masa normal. Masa wajar. Masa miskin. Sebenarnya, apa yang … Lanjutkan membaca Masa Depan yang Lalu

Kecil-kecil Utang

Sebuah artikel berita bertanggal 18 Juli 2013 di situs Kompas tiba-tiba nongol dari sebuah link. Isinya cukup membuat miris, walau sebenarnya sudah cukup lama menjadi konsumsi publik. Bahwa Utang Negara Indonesia saat ini mencapai Rp 2.036 triliun. Angka yang fantastis. Disebutkan, Indonesia sedang menuju kebangkrutan. Berikut sedikit kutipannya : Berdasarkan laporan keuangan pemerintah pusat (LKPP) … Lanjutkan membaca Kecil-kecil Utang